Koperasi Al Uswah Cabang Sidareja Terbaik, Manajer Spill Kiat Sukses Ungguli 5 Kantor Lain di Banjar dan Ciamis

Koperasi Al Uswah gelar RAT, pengurus dan pengawas berfoto bersama karyawan terbaik, Minggu, 25 Februari 2024.
Koperasi Al Uswah gelar RAT, pengurus dan pengawas berfoto bersama karyawan terbaik, Minggu, 25 Februari 2024.(Ruangpena.id/Bahrul)

Ruangpena.id – Acara pembukaan Rapat Anggota Tahunan (RAT) tahun buku 2023 Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) Al Uswah Indonesia pada Minggu, 25 Februari 2024 berlangsung meriah.

Rapat Anggota Tahunan setiap satu kali dalam setahun menjadi syarat wajib bagi koperasi berkategori aktif dan sehat.

Agenda utama RAT koperasi salah satunya yakni pertanggungjawaban kinerja dari pengurus dan pengawas kepada Rapat Anggota.

Tak hanya jadi ajang unjuk kinerja koperasi dari pengurus dan manajemen, kegiatan itu juga terasa prestisius karena diisi pengumuman penghargaan bagi para karyawan.

Acara pembukaan  di Aula Gedung Dakwah Kota Banjar, Jawa Barat itu turut dihadiri 100-an orang karyawan Koperasi Al Uswah dari 6 kantor cabang. Salah satu kategori penghargaan yang paling ditunggu yakni Cabang Terbaik tahun 2023.

Kali ini, Cabang Sidareja yang berlokasi di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah menyabet kategori tersebut.

Pengumuman disampaikan Sekretaris Pengurus Koperasi Al Uswah Budi Kusmono itu disambut dengan gegap gempita oleh hadirin, termasuk puluhan anggota yang hadir.

Bersama peraih penghargaan karyawan terbaik lainnya, Manajer Koperasi Al Uswah Cabang Sidareja Hapid Hapidin menerima apresiasi dari Ketua Pengurus H. Supriyadi.

Usai menerima penghargaan, Hapid mengatakan bahwa prestasi yang diraih oleh Cabang Sidareja itu berkat dukungan dari manajemen kantor pusat, yang berlokasi di Kota Banjar.

Ia menceritakan kiat suksesnya yaitu dengan dipenuhinya kebutuhan sumber daya manusia (SDM) untuk mengelola portofolio bisnis di cabang tersebut.

“Awalnya hingga bulan Februari 2023, karyawan hanya berjumlah 4 orang,” ujar Hapid, Minggu, 25 Februari 2024.

Menurutnya, keadaan mulai membaik seiring penambahan jumlah karyawan secara bertahap hingga bulan Juli 2023.

“Sampai Juli 2023, karyawan bertambah menjadi 7, termasuk 2 orang berposisi sebagai marketing baru,” imbuhnya.

Penambahan tenaga marketing itu efektif mendongkrak perluasan pasar dan penambahan anggota baru.

Kondisi tersebut berdampak pada terjaganya tren positif kenaikan plafond pembiayaan sejak Januari 2023, yang awalnya hanya sebesar Rp 1,1 miliar.

Hapid mengatakan bahwa Cabang Sidareja akhirnya dapat menutup tahun 2023 dengan total plafond pembiayaan sebesar Rp 1,5 miliar.

“Sisa Hasil Usaha (SHU) Desember 2023 sebesar Rp 125 juta, dari target Rp 60 juta,” ungkap manajer berpengalaman sejak 2015 itu.

Berhasil Bukukan Laba Bersih Rp 708 juta

Selain kinerja positif di sejumlah cabang, secara umum Koperasi Al Uswah berhasil membukukan SHU sebesar Rp 708 juta.

“Pada akhir 2023 kita mencatatkan keuntungan sebanyak Rp 708 juta,” ungkap Ketua Pengurus KSPPS Al Uswah Indonesia H. Supriyadi, dalam pidato sambutan pembukaan RAT, Minggu, 25 Februari 2024.

Meskipun berhasil membukukan laba terbilang besar pada tahun lalu, menurutnya, Koperasi Al Uswah masih memiliki target tinggi pada tahun ini.

Ia berharap koperasi dengan lebih dari 32 ribu orang anggota itu mencatatkan laba hingga Rp 2 miliar di akhir tahun 2024.

Bahkan, H. Supriyadi juga bertekad akan membuka 2 kantor cabang baru pada tahun ini.

“Kita menargetkan tahun ini buka 2 cabang baru, sedang disurvei,” pungkasnya kepada wartawan seusai acara.(*)


"Semua konten menjadi tanggung jawab penulis dan tidak mewakili pandangan redaksi RuangPena."

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *