Bahasa Cinta dalam Keluarga

Cinta

Hai, Mam! Tentunya semua sepakat ya bahwa cinta merupakan suatu dasar yang kuat dalam hidup. Cinta menjadi penyebab kita sebagai manusia punya alasan mengapa kita melakukan sesuatu, seperti ingin melindungi, mengasihi, mengusahakan dan sebagainya.

Papa bekerja karena ia sayang keluarga. Ia ingin melindungi, memberi penghidupan, dan membahagiakan keluarganya. Mama mengerjakan pekerjaan rumah bertujuan untuk menjamin kebersihan rumah agar rumah tidak kotor dan jauh dari sumber penyakit, mama menyediakan makanan agar nutrisi keluarga terjamin dari rumah untuk papa dan adik. Itu semua dilakukan karena cinta kan, Mam?

Berbicara soal cinta

Tentu saja ini adalah tiket utama untuk menjaga harmoni dalam keluarga, bagaimana tidak? untuk menjamin kehangatan dan keselarasan kita harus saling peduli, melindungi dan mengasihi antar anggota keluarga. Namun tentunya dalam menjalani kesibukan sehari-hari dengan rutinitas anggota keluarga yang berbeda-beda sedikit banyak akan mempengaruhi pengelolaan emosi setiap anggota keluarga. Agar perasaan cinta tetap utuh melekat di hati setiap anggota keluarga maka diperlukan Bahasa cinta dalam menjalani hari.

Read More

1.     Sentuhan fisik

Mama dan papa sangat boleh sering-sering berpelukan, berpegangan tangan saat bepergian, mencium atau memangku adik, kontak fisik bisa memicu hormon kebahagiaan manusia dan mengakibatkan mama, papa dan adik akan merasa tenang dan hangat.

2.     Meluangkan waktu bersama

Berjalan-jalan, melakukan piknik keluarga, atau sekadar membeli makanan yang disukai akan memperhangat hubungan juga terus memperbaharui dosis cinta mama dan papa. Jika tidak bisa berjalan-jalan mama dan papa bisa melakukan tantangan sehari tanpa gawai untuk melakukan permainan-permainan kecil bersama adik, dengan begitu sesama anggota keluarga akan lebih banyak saling berinteraksi. Mendengarkan adik bercerita juga akan membuat dirinya merasa bangga lho mam karena ia merasa diapresiasi oleh prang lain.

3.     Siap melayani

Menemani mama membeli bahan makanan ke pasar akan membuat mama merasa terlindungi, papa juga akan merasa dihargai dan dihormati Ketika disediakan makanan, pakaian kerja atau dibuatkan bekal untuk makan siang.

Sering memuji dan mengungkapkan perasaan

Memanggil papa dengan sebutan sayang dan sebutan spesial di depan umum tak perlu malu lho mam, karena itu merupakan salah satu bentuk cinta yang harus dijaga. Memuji pencapaian adik di sekolah juga tak kalah perlunya. Jangan lupa untuk menyingkirkan gengsi demi meminta maaf pada pasangan mam, baik atas kesalahan besar atau kecil sekalipun. Agar masalah besar bisa dikecilkan dan masalah kecil bisa dihilangkan.

5.    Memberi hadiah

Jika ingat ada cuplikan iklan susu di televisi yang mewakili kalimat cinta mam. Seorang anak di iklan itu mengatakan “Kenapa harus nunggu ulang tahun? Kan kasih hadiah bisa kapan aja”. Kita sebagai Perempuan tentunya sangat setuju ya ingin diberi hadiah kapan saja tak perlu mewah, tapi niatnya dari hati yang terdalam. Untuk Bahasa cinta yang satu ini mama bisa sesekali biasa memberi hadiah dan kejutan kecil untuk papa sebagai apresiasi dn rasa terima kasih karena ia telah berjuang untuk keluarga kecil kita.

Bahasa cinta bisa disampaikan dalam bentuk apa saja dan tentunya dengan berbagai cara yang sesuai dengan keluarga kecil kita.

Semoga bahagia, Mam.


"Semua konten menjadi tanggung jawab penulis dan tidak mewakili pandangan redaksi RuangPena."

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *