Cara Cerdas Alihkan Kegiatan Anak Saat Musim Hujan

Musim hujan

Musim hujan belum berakhir.  Semoga limpahan rahmat senantiasa turun bersamaan dengan turunnya rintik air yang turun dari langit.

Namun tidak bisa dipungkiri, musim hujan kadang membuat aktivitas rutin harian mendadak berubah. Terutama pada aktivitas kegiatan harian di Taman Kanak-kanak.

Ketika pagi hari biasanya diisi dengan aktivitas di ruang terbuka melakukan kegiatan fisik motorik, mandi sinar matahari pagi yang hangat dan penuh energi, kini agenda tersebut harus dihilangkan karena hujan turun membasahi area bermain.

 

Read More

APE luar seperti ayunan, terowongan spiral, papan seluncur dan perosotan tempat anak-anak bermain di luar yang kerap dijadikan tempat bermain ketika jam istirahat kelas pun basah kuyup karena hujan.

Lantas, jika sudah begitu, apa yang sebaiknya dilakukan oleh guru untuk mengantisipasi kejenuhan anak-anak? Guru TK harus berpikir cerdas dan kreatif untuk menciptakan kegiatan alternatif tetapi tetap membuat anak happy sehingga tidak merasa terampas naluri bermainnya.

Berikut adalah kegiatan yang bisa dijadikan alternatif pilihan ketika melaksanakan kegiatan belajar mengajar pada musim hujan.

1. Bermain peran

Bermain peran adalah alternatif pilihan kegiatan yang menyenangkan bagi anak. Sediakan alat dan perlengkapan yang mendukung peran mereka. Jangan lupa buatkan skenario yang menarik serta pembagian peran yang jelas, agar anak-anak lebih antusias. Memilih kegiatan yang sesuai dengan tema yang sedang berjalan akan lebih memberikan pengalaman dan pelajaran untuk anak-anak dalam membatu ketercapaian tema.

2. Menyusun Lego

Bermain Lego saat tidak bisa bermain di luar

Menyusun lego memerlukan keterampilan dan kesabaran khusus pada anak-anak. Biarkan mereka bekerja sama untuk menyelesaikan permainannya. Bebaskan mereka berkreasi untuk mengasah keterampilannya.

3. Membuat bangunan dengan balok

Bermain balok sangat banyak manfaatnya. Mulai dari mengasah keterampilan matematika, melatih koordinasi mata dan tangan, mengasah kreativitas kemampuan berpikir, melatih motorik halus, dan banyak lagi manfaat dari bermain balok.

4. Membaca buku cerita

Bagi anak-anak usia prasekolah yang sudah memiliki minat kepada buku, membaca dan atau melihat gambar-gambar di buku cerita, memilihkan mereka beberapa buku untuk mereka baca adalah hal yang tepat.

Ufairah, siswi TK IT Mutiara Embun Pagi yang senang membaca

Meskipun mereka belum pandai membaca, membiasakan mereka untuk mencintai buku, mengenal huruf dan angka tanpa paksaan akan merangsang keterampilan dan minat literasi dan wawasan mereka.

5. Mendengarkan dongeng

Hujan membuat mereka harus berada di dalam ruangan. Tidak dapat berlari bebas, aktivitas menjadi terbatas. Membacakan mereka dongeng, akan menjadi hal yang menarik bagi mereka. Apalagi jika cerita yang dibawakan adalah cerita baru yang seru dan membuat penasaran.

6. Lomba hafalan

Siswa TK IT Mutiara Embun Pagi sedang melakukan kegiatan murojaah

Memurojaah kembali apa yang sudah diajarkan sebelumnya, akan membuat kemampuan hafalan anak-anak menjadi bertambah kuat. Ajak mereka untuk berlomba hafalan.

Jangan lupa berikan reward kepada mereka yang mampu menghafal lebih baik dari teman-temannya, untuk memotivasi agar semakin bersemangat menghafal Alquran.

Itulah tips kegiatan alternatif untuk anak-anak di Taman Kanak-kanak pada musim hujan. Semoga bermanfaat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *