Lirik Lagu Tangkuban Perahu Tahun 80’an

Lirik lagu Tangkuban Perahu
Sumber foto: Tobias Tullius/unsplash

Sudah lama tak terdengar, siapa yang masih ingat dengan lirik lagu Tangkuban Perahu di era 80’an yang dinyanyikan oleh Nenden Shintawati? Semoga saja saya tidak salah menyebutkan nama penyanyinya ya. Karena sudah lupa-lupa ingat, puluhan tahun yang lalu.

Yang pernah hafal lagunya berarti kita hidup satu zaman. He he he.

Aduh, ketika menyebut era 80’an rasanya sudah begitu tua ya? Namun nyatanya lagu-lagu zaman dulu selalu punya makna yang dalam, melekat di hati dan mengandung amanat yang mendalam di setiap liriknya.

Ingat saat itu ayah dan mamah senang koleksi lagu-lagu pada zaman itu. Saya sih lagu nostalgia seperti lagu-lagu Tommy J. Pisa pun jadi ikut hafal karena ayah dan mama suka sekali dengan lagu-lagu itu.

Nah kalau lagu Nenden, memang sengaja diperuntukkan untuk saya pada saat itu. Mungkin karena lagu untuk anak-anak. Bahkan pernah menyanyikannya dengan diiringi musik minus-one di panggung kenaikan kelas, ketika akan naik ke kelas 3 SD waktu itu.

Lagu Nenden yang tidak pernah lekang dari ingatan yang lain adalah lagu Kasih Mama dan Guru Teladan. Enak juga tuh lagunya. Andai ada yang mau menyanyikan ulang lalu diupload di YouTube ya.

Oh iya, kembali lagi pada lirik lagu Tangkuban Perahu tadi, kalau tidak salah liriknya seperti ini.

___

Alam endah di Priangan

Dilingkung gunung-gunung

Berduyun orang berkunjung

Menikmati indah Tangkuban Perahu

 

Alunan kecapi suling

Ciri khas tanah Sunda

Menyajikan keramahan

Marilah singgah di Tangkuban Perahu

 

Reff

Tangkuban Perahu

Di Bandung Utara

………… (Lupa lagi sama sekali belum ingat)

Kita jaga kelestariannya

 

Tangkuban Perahu

Di Bandung Utara

Sasakala Sangkuriang sakti

Legenda rakyat di tanah Sunda

_____

Ada yang hidup sezaman dengan saya? Yang masih hafal lagunya mari bernostalgia dengan bersenandung bersama. Lagu-lagu Nenden memang asli sampai meresap ke dalam relung hati. Ya, kan…?

Sayangnya zaman sekarang sudah tidak banyak lagi muncul lagu-lagu anak yang mendidik dan bermakna dalam seperti lagu-lagu anak zaman dulu ya….

Yuk, yang masih hafal lirik lagu Tangkuban Parahu secara utuh, jangan lupa bantu saya untuk isi lirik yang masih lupa atau bahkan lirik yang benarnya seperti apa.

Khawatir saya masih salah. Terima kasih sebelumnya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *