6 Pemicu Perempuan Terobsesi Pada Kecantikan No.4 Paling Dahsyat Pengaruhnya

kecantikan

Mom, tidak dapat kita pungkiri bahwa kekinian semakin banyak perempuan yang sangat peduli pada kecantikannya. Sejak dulu anggapan bahwa perempuan yang dapat menjaga tampilan tubuh dan kecantikan lebih menarik daripada mereka yang acuh pada penampilannya sudah beredar di masyarakat pada umumnya.

Akan tetapi, seiring dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi yang semakin pesat, serta tuntutan lingkungan yang mengelilingi perempuan membuat keinginan perempuan untuk tampil lebih cantik semakin bertambah kuat.

Berikut adalah hal-hal yang diperkirakan menjadi pemicu mengapa para perempuan kekinian begitu terobsesi dengan kecantikan.

1. Melihat perempuan cantik di media sosial yang dianggap jauh lebih cantik dari dirinya

Read More

Terlalu sering membuka media sosial rupanya memberikan efek pada psikologi kaum perempuan yang sangat signifikan. Salah satunya ketika melihat wajah perempuan lain yang dianggap lebih cantik dari dirinya. Postingan atau ulasan tentang wajah cantik artis, selebgram yang memamerkan kulit mulus dan glowing, sampai kepada postingan teman sendiri yang semakin hari semakin cantik.

Motivasi yang muncul pun beragam. Ketika melihat postingan artis dan selebgram, maka kemungkinan motivasi yang muncul adalah keinginan untuk menjadi seperti orang tersebut. Akan tetapi akan lain ceritanya jika perempuan melihat postingan temannya, maka ia ingin lebih cantik bisa jadi muncul perasaan tidak ingin tersaingi dan lain sebagainya.

2. Banyak influencer kecantikan yang memberikan edukasi kesehatan kulit perempuan

Bermunculannya influencer kecantikan yang memberikan edukasi tentang kesehatan kulit dapat memberikan pengaruh kuat bagi perempuan terutama mereka yang memiliki masalah kulit wajah. Perempuan yang memiliki masalah jerawat misal, dengan adanya influencer kecantikan, para acne fighter kembali percaya diri dan semangat untuk merawat kecantikannya karena lebih paham cara perawatan dan jenis skincare yang tepat bagi kulitnya.

3. Bermunculannya tutorial make-up praktis dan solutif

Zaman dulu, seseorang bisa dandan hanya jika didandani oleh juru rias. Perempuan berdandan pada umumnya hanya karena akan menghadiri acara khusus atau memenuhi undangan. Namun kekinian banyak tutorial make-up yang memberi solusi praktis untuk segala aktivitas. Dengan adanya tutorila kini para perempuan lebih terobsesi untuk tampil cantik dengan mempelajari cara berias diri dari tutorial.

4. Isu pelakor dan perselingkuhan yang semakin memanas

Banyaknya isu pelakor dan kasus perselingkuhan membuat perempuan terutama yang sudah memiliki pasangan berusaha keras untuk tetap tampil cantik. Hal tersebut dianggap sebagai usaha  agar pasangan tidak melirik perempuan lain.  Berbagai usaha dilakukan demi agar menjadi cantik walaupun harus merogoh saku lebih dalam.

5. Menjamurnya produk kecantikan yang semakin bervariasi

Banyaknya produk skincare yang semakin bervariasi membuat perempuan tertantang untuk mencoba berbagai produk untuk merawat kulit wajahnya. Banyaknya jenis produk kecantikan dengan komposisi dan khasiat yang beragam semakin memudahkan perempuan untuk memilih jenis skincare dan treatment kecantikan dari mulai yang harganya terjangkau hingga yang harganya selangit.

6. Tuntutan masyarakat pada penampilan yang semakin ganas

Tuntutan masyarakat kepada perempuan bahwa hanya yang cantik lah yang layak menjadi menantu dan hanya yang berwajah cantik lah yang layak dijadikan pasangan. Bahkan tidak jarang ada anak yang merasa malu ketika orangtuanya yang berpenampilan biasa saja datang ke sekolah mengambil buku laporan pendidikan. Sebaliknya mereka begitu bangga ketika ibunya datang dengan wajah yang cantik dan glowing.

Banyak suami yang merasa gengsi membawa istrinya pergi keundangan hanya karena istrinya dianggap tidak cukup cantik untuk dibawa ke sebuah acara pertemuan atau pesta.

Alasan-alasan dan tuntutan kepada perempuan tersebut lah yang kerap menjadi alasan mengapa perempuan terobsesi kepada kecantikan. Boleh lah ya, terobsesi pada kecantikan, asalkan tidak menghalalkan segala cara. Tetaplah memerhatikan larangan-larangan agama seperti tidak boleh mengubah bentuk ciptaan-Nya dan gunakan lah produk kecantikan yang sesuai dengan jenis. Satu lagi, harus yang halal ya.

Semoga bermanfaat.


"Semua konten menjadi tanggung jawab penulis dan tidak mewakili pandangan redaksi RuangPena."

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *