Pertahankan Kinerja Trafik Situs, Ini yang Bisa Dilakukan Penulis Konten

Kinerja trafik situs
Ilustrasi (pixabay)

Kinerja trafik situs umumnya naik turun. Untuk pertahankan kinerjanya, pemilik situs perlu meningkatkan brand awareness, terutama lewat peran seorang penulis konten.

Istilah trafik merujuk pada data kunjungan tamu ke suatu situs, yang digambarkan bak lalu lalang kendaraan di jalan raya.

Untuk mencegah trafik menurun, seorang penulis disarankan memproduksi konten sesuai pakem optimasi mesin pencari (baca: SEO atau search engine optimization).
Konten semacam ini merupakan salah satu upaya optimasi mesin pencari secara organik, atau dikenal dengan istilah on page SEO.
Bagian judul dan isi, serta caption dari gambar atau video sebuah konten situs sebisa mungkin berkaitan satu sama lain.
Pada bagian isi tulisan, paragraf satu hingga empat wajib ditanami kata kunci atau keyword utama, minimal satu kata pada tiap paragaf.
Selain cara ini, masih ada teknik lain untuk optimasi konten secara organik, di antaranya SEO teknikal (crawling dan indexing) dan tentunya promosi situs.
Meski cara-cara tersebut cukup membantu untuk mempertahankan trafik situs, namun belum dapat menjamin pengunjung mau berlama-lama di dalamnya.
Untuk itu, konten perlu dibuat agar human friendly. Tulisan sebaiknya ditulis dengan original, hangat, runtut namun tetap mengalir sehingga mudah dipahami.
Bahkan, meskipun konten yang ditulis meliputi topik yang luas dan beragam, pembaca yang awam sekalipun dapat mencernanya.

Ciptakanlah konten human friendly yang dibuat sesuai dengan target pasar. Dengan demikan, konten terasa lebih relevan dan tepat sasaran sesuai kebutuhan pengunjungnya.

Intention dari setiap pengunjung, mestilah dijawab dengan konten yang sesuai. Maka, akan bertemulah antara apa yang ingin disampaikan penulis konten, dengan apa yang diharapkan oleh pengunjung.
Pada akhirnya, interseksi yang terjalin antara konten SEO friendly dengan human friendly membawa tidak hanya trafik yang meningkat, melainkan juga para pengunjung yang tepat.
Cara penulisan konten seperti diulas di atas apabila secara konsisten dilakukan, akan dapat mempertahankan kinerja trafik situsmu.
Tunggu apa lagi, yuk terus produktif untuk menghasilkan tulisan terbaik.
Semoga bermanfaat!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *