Melepas Balon Ke Udara Saat MPLS Maknanya Apa Sih?

 

melepas balon

Bukan hanya saat prosesi pernikahan, melepas balon ke udara juga merupakan kebiasaan yang nyaris menjadi tradisi ketika tahun ajaran baru sekolah dimulai. Banyak yang melepas balon ke udara saat MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) sebagai simbol peresmian dan penerimaan siswa abru di berbagai jenjang pendidikan.

Hal ini tentunya sudah berlangsung sejak lama. Seolah telah menjadi tradisi setiap Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah. Hal ini pun diyakini mampu menambah keseruan saat upacara prosesi pembukaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah. Anak-anak bersorak kegirangan bertepuk tangan mengiringi kepergian balon yang semakin menjauh terbang tinggi ke udara.

Berbagai macam warna balon yang ceria dilepaskan ke udara. Tidak lupa sekolah menyertakan simbol atau identitas sekolah pada balon yang diterbangkan sebagai upaya syiar sekolah, Dengan harapan agar semakin banyak yang mengenal dan mengetahui eksistensi lembaga. Lantas, sebenarnya untuk  apa sih menerbangkan balon?

Read More

Seperti yang baru-baru ini dilakukan oleh Mutiara Embun Pagi Islamic Elementary School (MEPIES) dalam acara pembukaan MPLS menerbangkan 200 balon ke udara dan membawa nama MEPIES terbang bersamanya. Selain dimaksudkan untuk memeriahkan acara dan membuat anak-anak turut bahagia di hari pertama sekolah, menurut kepala sekolah hal tersebut dilakukan sebagai simbol dilepaskannya masa lalu dan terbang tinggi menuju masa depan yang lebih baik dengan penuh peluang yang lebih luas seperti luasnya langit di angkasa sana.

“Menerbangkan balon adalah simbol melepas segala belenggu masa lalu, termasuk ketidak tahuan, kepolosan, dan ketidak dewasaan. Anak-anak harus berani menerbangkan cita-citanya setinggi langit. Saat MPLS siswa baru memasuki gerbang baru, sekolah dan jenjang baru, mereka harus lebih terbuka pada perubahan baik pengetahuan dan sikap. Siswa lama harus lebih bersemangat daripada sebelumnya dan keduanya (baik siswa baru dan siswa lama) harus memiliki cita-cita tingi mengangkasa. Begitu pula gurunya harus memiliki semangat baru di masa yang baru,” ujar kepala MEPIES panjang lebar.

Sedangkan dilansir dari news.detik.com,  simbol balon adalah mencoba menahan sesuatu tetapi dapat pula menandakan kesiapan untuk melepasnya. Dari sejumlah literatur, makna melepaskan tersebut adalah melepaskan masa lalu yang buruk dan siap menghadapi masa kini yang harus dijalani lebih baik. Selain itu, balon yang dilepaskan berarti sebagai harapan.

Namun apapun maknanya, menerbangkan balon saat MPLS harus diiringin dengan kesadaran makna mendalam tentang sesuatu yang positif. Jangan sampai balon hanya sebagai pemanis kegiatan belaka atau hanya seru-seruan belaka. Siswa harus memiliki semangat yang tinggi di tahun ajaran baru 2023/2024 ini.

Semoga bermanfaat.

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *