Liburan Bawa Bayi, Ini yang Harus Dilakukan Bunda Agar si Kecil Tetap Nyaman

Liburan bawa bayi

Liburan bawa bayi memang memiliki tantangan tersendiri ya, Bunda. Di saat sang kakak “menagih” jalan-jalan di musim liburan sekolah, sedangkan si adik masih bayi, memang menimbulkan rasa was-was tersendiri. Terutama bagi para bunda yang cenderung memiliki kekhawatiran lebih besar akan kesehatan dan kenyamanan buah hati.

Agar liburan bawa bayi tetap nyaman, beberapa tips berikut ini akan membantu Bunda meminimalisir kerepotan Bunda saat pergi liburan.

Pertama, cek kesehatan si kecil.

Pastikan bahwa si kecil dalam keadaan sehat saat akan bepergian. Jangan memaksakan pergi jika si kecil sakit, atau menunjukkan tanda-tanda kurang sehat. Siapkan obat-obatan lengkap, sebagai penjagaan selama perjalanan.

Kedua, pakaikan baju yang nyaman.

Bukan soal bagus, bagi bayi yang paling penting adalah baju yang nyaman, menyerap keringat, tidak terlalu tebal, berbahan lntur dan lembut. Jangan lupa lengkapi dengan baju hangat, tutup kepala, kaos kaki yang juga nyaman.

Ketiga, bawa mainan yang bisa membuat bayi anteng.

Selama perjalanan, bisa saja bayi rewel karena tidak nyaman di tempat baru/asing. Mainan yang menarik bisa membantu mengkondisikan bayi agar tetap anteng selama rekreasi. Usahakan mainan yang dibawa adalah mainan yang aman ya, Bunda.

Keempat, siapkan perbekalan dan perlengkapan bayi yang cukup.

Persediaan susu, air panas, cemilan/MPASI yang memadai, persediaan popok (beserta plastik sampah), alat gendong yang nyaman untuk Bunda dan nyaman buat anak.

Kelima, pastikan sang kakak nyaman.

Membawa bayi akan lebih ribet kalau sang kakak yang malah rewel karena tidak merasa nyaman dengan baju, sepatu, tas bawaan atau hal lain yang membuatnya bete selama perjalanan. Jangan hanya menyiapkan untuk si adik ya, Bun. Pastikan juga kakaknya aman.

Keenam, pastikan semuanya bisa bekerja sama selama perjalanan.

Kerja sama adalah hal yang sagat diperlukan saat bepergian. Jika perlu, lakukan diskusi terlebih dahulu sebelum berangkat. Tetapkan peraturan yang harus dipatuhi oleh semua anggota keluarga selama berlibur. Misalkan, semua anggota keluarga wajib menjaga barang diri masing-masing, tidak terpisah dan beperhian sendiri, dan menyempatkan diri ke toilet saat berhenti di rest area.

Ketujuh, sempatkan istirahat yang cukup selama perjalanan untuk meminimalisir rasa lelah.

Jika perjalanan yang ditempuh cukup jauh, maka istirahat yang cukup adalah hal yang sangat diperlukan untuk meredakan lelah. Bunda dan suami serta anak-anak tentu memerlukan jeda agar tidak stres di perjalanan.

Semoga tips ini bermanfaat. Selamat berlibur, semoga selalu sehat dan selamat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *