Bill Gates, Pejuang Tangguh atas Implementasi Pemikirannya

Bill Gates

Bill Gates

Pada saat bersekolah di Lakeside School, memiliki kecintaannya kepada komputer sangat tinggi. Di samping memiliki kedua orangtua Bill Gates Sr dan Marry Maxwell Gates.

Dirinya memiliki rasa penasaran yang tinggi terhadap komputer di Lakeside School (1968). Di sanalah awal karir suksesnya dengan masalah pada baris program bug software.

Minatnya dan kekuatan pikiran yang dimilikinya  pada komputer sehingga ia dapat menghabiskan menghabiskan waktu  sampai berjam-jam di depan komputer bersama temannya.

Niat belajar dan menulis bahasa pemrograman dan semua hal tentang  komputer membuahkan hasil bahkan dengan kerja menjadi peretas itu ia sudah bisa menghasilkan uang walaupun hanya sebatas uang saku tambahan.

Menghabiskan waktu untuk belajar komputer terkadang sampai menjelang pagi kembali. Mereka menghabiskan waktu seharian hanya untuk memperbaiki sistem pemrograman yang ada di dalam komputer.

Kecintaannya terhadap komputer dapat dikatakan tidak mudah untuk memperoleh restu dari kedua orangtuanya.

Bahkan dikabarkan sempat tidak diperbolehkan untuk belajar ilmu komputer sama sekali. Hal itu terjadi ketika masih berada di sekolah Lakeside.

Pendidikannya yang berlanjut ke universitas atas keinginan orang tuanya. Walaupun telah berhasil masuk Universitas Harvard, Ia juga sempat bimbang akan masuk ke jurusan apa. Hingga pada akhirnya Ia memilih untuk masuk ke fakultas hukum dengan harapan dapat menjadi seorang pengacara seperti sang ayah.

Perusahaan Microsoft

Awal mula dari nama Microsoft yaitu Micro-Soft. Nama itu ada ketika ia dan Paul Allen sudah bekerjasama dengan MITS. Pada tahun 1976, nama Micro-soft diubah menjadi Microsoft.

Kemudian didaftarkan ke Kementerian Luar Negeri New Mexico dan bekerjasama dengan MITS berakhir di tahun 1976.

Perangkat lunak tersebut dikembangkan dan juga rekannya (Paul Allen). Pengembangan tersebut tidak hanya ditujukan untuk komputer saja, tapi juga untuk berbagai macam sistem lainnya. Ketika sudah tidak bekerjasama lagi dengan MITS di Albuquerque, dan akhirnya pindah kantor ke Bellevue, Washington.

Membangun Microsoft Corp

Melalui usaha kerasnya, perusahaan yang ia dirikan yang bernama Microsoft Corporation menjadi sukses dan namanya melambung menjadi seorang jutawan. Dan pada tahun 1990 ia sukses merilis sistem operasi yang sangat sukses di pasaran dunia. Namun juga bertolak belakang bahkan mendapatkan reputasi yang tidak baik dalam perbaikan. Tidak hanya satu kali, bahkan ia melakukan beberapa kali kesalahan dalam bisnis perangkat lunaknya.

Di saat itulah dia mendapat tuntutan dari Departemen Keadilan Amerika Serikat dengan dakwaan Gates telah melakukan monopoli terhadap perusahaan-perusahaan kecil.

Banyak yang mengatakan tentang praktik monopoli dan mencecar adikuasa perusahaannya dan beberapa kejahatan yang telah dia lakukan, tetapi beberapa orang yang dekat dengan Bill Gates berkata bahwa dia memang telah lama berencana untuk mengembalikan sebagian besar hartanya.

Namun setelah persoalan itu selesai lebih memilih kembali ke profesi lamanya yang ia cintai yaitu Kepala Penelitian dan Pengembangan Perangkat Lunak di perusahaannya sendiri, Microsoft Corp.

Gates menikah dengan Melinda French pada 1 Januari 1994. Mereka memiliki tiga orang anak, Jennifer Katherine Gates (1996), Rory John Gates (1999) dan Phoebe Adele Gates (2002).

Pada awal tahun 2008 ia fokus ke yayasan sosial yang didirikannya, yaitu Bill dan Melinda Gates Foundation untuk peduli terhadap penderita AIDS,  mereka juga memberikan beasiswa bagi universitas-universitas.

Orang Terkaya Menurut Majalah Forbes

Dari hal itu, tentu tidak mengherankan karena menurut survei Majalah Forbes, Bill Gates selalu menjadi orang terkaya di dunia berturut-turut selama tahun 1996 – 2004 dengan jumlah $90 Milyar.

Dengan perjuangan dan tekad yang keras kini Saat ini dirinya berusia 68 tahun dan telah menggapai cita-citanya. Berturut turut dari tahun ke tahun hingga saat ini  berdiri di posisi satu sebagai orang terkaya di dunia.

Menurut CNBC Indonesia utang nasional Amerika  saat ini mencapai US$ 31,4 triliun atau setara Rp 470.000 triliun (kurs Rp 15.000/US$)

Apabila Bill akan membayar sendiri utang itu, dia akan melunasinya dalam waktu kurang dari 10 tahun.

Dia dapat menyumbangkan US$15 kepada semua orang di dunia tapi tetap dapat menyisakan US$5 juta sebagai uang sakunya.

Michael Jordan adalah atlit yg dibayar paling mahal di Amerika.  Jika dibandingkan tidak makan dan minum dan tetap membiarkan penghasilannya utuh dalam setahun sejumlah US$30 juta, dia tetap harus menunggu sampai 277 tahun agar bisa sekaya sekarang ini.

Hal yang menarik jika disamakan ia adalah negara, dia termasuk negara terkaya sedunia nomor ke 37 atau jadi perusahaan Amerika terbesar nomor 13, bahkan melebihi IBM.

Jika semua uang Gates ditukarkan ke dalam pecahan US$1, diterangkan di majalah itu, kita dapat menyusunnya menjadi jalan dari bumi ke bulan, 14 kali bolak balik. Tapi jalan itu harus dibuat non stop selama 1.400 tahun dan menggunakan total 713 buah pesawat Boeing 747 untuk mengangkut semua uang itu.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *